Saturday 13 February 2016

Kisah Kerja Praktek Teknik Otomasi Industri 2012 Part 3

My Internship Experience (Indonesian Version)

Part.3 

Ceritanya berlanjut nih...
simak terus yaa...

Oiya fyi, disana kita dikasi fasilitas ruang kerja pribadi dan tersedia desktop dengan intranet (sebaiknya dimanfaatkan untuk ngerjain laporan supaya pas beres KP bisa santai atau liburan), telepon yang bisa digunakan dengan menggunakan id pegawai sehingga bisa berkomunikasi dengan orang dikantor tanpa harus selalu beranjak dari ruangan, selain itu kita juga bisa pake buat telpon pembimbing kita, dan ada pantry tempat buat para pegawai makan atau sekedar ngopi2, minum the, atau milo (gratis ko tinggal ambil). Karyawan disini banyak juga loh yang bawa makan dari rumah jadi lebih terjamin kebersihannya. Jangan khawatir makanan kamu dingin karena disana juga ada microwave untuk menghangatkan makanan. Tapi kalo sekali-kali mau makan disana juga bisa ko, kamu tinggal jalan keluar area WTC nanti bakal ada warteg2 gitu, soalnya beli makanan di area dalam WTC itu nguras saku banget (secara BOS BOS semua).

Kalo lagi di office, kamu bisa ngerasain pake baju2 kerja gaya eksekutif muda dan buat cewek2 kalo mau pake sendal2 cantik mending sendalnya taro di kantor aja. Karena kamu bakalan banyak jalan dari rumah ke kantor aku saranin pake sepatu kets jadi lebih nyaman (sayang kan kalo sepatu cantiknya rusak karena dipake jalan cepet dan keinjek di kereta.haha). Meski di Jakarta panas banget jangan khawatir karena disini kamu malah bakal kedinginan karena ACnya lumayan kenceng juga jadi jangan lupa sediain jaket (bisa disimpan di ruangan kita jadi hanya untuk dipake di dalam kantor). Pinter2 bergaul ya sama semua orang disana, banyak tanya, cari info, cari link, proaktf dan jadilah pribadi yang menarik (Keep it mind!). Pokonya rugi banget kalo Cuma diem aja karena mereka juga bakal males dan sibuk dengan kegiatan mereka masing2, tapi kalo kita mau memulai, mereka bakalan welcome bgt bahkan bisa ditraktir atau dikasi banyak ilmu.

Waktu it mr.H, ms.F n mrs.Y gaada di kantor, andi assisting engineer ke metrology jadi aku bingung mau ngapain. Akhirnya aku ngobrol2 lah sama engineer (call him ms.D), kebetulan banget tuh ms.D lagi ada project juga bikin sistem otomasi baru buat perusahaan oil&gas ternama di Indonesia. Aku diajak ke tangerang buat bantu lakuin internal test, karena belom dapet voucher taxi akhirnya harus janjian sama rombongan Bis ABB di cawang deket univ UKI. Hari pertama gagal ikut karena aku telat 10 menit jadi ditinggal deh, dari dulu belom rasain gimana aplikasi dari peribahasa “waktu adalah uang”. Disana kalian secara ga langsung jadi terlatih untuk jadi orang disiplin karena lingkungan menuntut kalian untuk itu, kalo engga yaudah deh bye… kalian bakal tertinggal terus.

Besok harinya aku pergi setengah5 dari rumah karena jam6.10 teng bis pasti berangkat tanpa tapi. Aku tuh orang yang santai, tapi pas disana ngedadak jadi orang yang gesit karena kalo engga yaudah aja kelewat semuanya. Waktu itu aku dianter keliling ABB factory sama mr.D dan dikenalin sama pegawai disana. Disana ada Workshop Motor & Generator, Power products factory, dan Discreete & Motion Workshop. Perjalanan ke tangerang sekitar 2 jam jadi total perjalanan berangkat kerja kalo ke factory dari rumahku itu 3.5jam. Aku bantu engineer check sinkronisasi I/O di panel dg di komputer sekitar 1000 I/O, membuat dummy I/O, mempelajari konsep sistem, observasi dll. Biasanya internal test itu kan customer dateng dan mereka check kerjaan kita, terus kalo ada hal yang masih belum sesuai mereka bakal minta perbaikan, selain dapet banyak link kamu juga bakal diajak makan bareng customer. Seneng karena semuanya baik dang a beda2in kita sbg anak magang (gimana gimana, seru kan KP disini.hihi). 

Tobe continued....

No comments:

Post a Comment