Saturday 13 February 2016

Kisah Kerja Praktek Teknik Otomasi Industri 2012 Part 1

My Internship Experience (Indonesian Version)
Part.1 


This post is dedicated for my beloved junior on my College
Industrial Automation Engineering


 Halo adek chibi-chibi ^_^
Mau KP tapi bingung pilih jenis perusahaan yang mau di-apply?
Yuk simak cerita pengalaman KP aku, siapa tau cocok dengan minat kalian.

Coba kamu bayangin, gimana rasanya diharkosin banyak perusahaan dan belom dapet tempat KP menjelang DEADLINE.OemJi galau banget dong secara temen yang laen bahkan udah dapet kontrakan buat tinggal selama KP. Hiks.hiks sedih kaan. Tapiiiiii……
Tadaaa!!!!! Tiba-tiba dewi Fortuna dataaang disaat detik-detik terakhir (H-2W KP), pas aku mulai hopeless.

As I told on my last post,
Seneng banget dapet e-mail dari HR PT.ABB Sakti Industri yang udah ampir terlupakan karena apply dari 4 bulan lalu. Yang isinya kurang lebih offering buat KP disana sebagai Project Manager dg waktu 2 bulan dan jobdesk yang menurutku cociks bet sama background aku, Otomasi Industri. ABB itu multinational company yg bergerak di bidang robot and automation technology. Perusahaan ini termasuk perusahaan vendor yakni yang menyediakan berbagai teknologi otomasi yang dibutuhkan di industri hingga service.

Singkat cerita, Aku bareng dua temenku cowok (Abah n Andi) janjian dateng ke ABB Main Representative di Sudirman Jakarta Selatan buat interview. Karena waktu itu lagi liburan kuliah, aku pergi dari rumah (Depok) dianter kakakku. Ya Allah toloong… ga sanggup bayangin kalo nanti harus ngadepin perjalanan yang macet ini tiap hari. Secara ya biasa di bandung ke kampus Cuma tinggal jalan 10menit. Lumayan lah tidur nyenyak dua jam sepanjang perjalanan menuju WTC1. Tapi entah gimana nanti kalo tiap hari pergi sendiri dari rumah. Sampe WTC1 Sudirman, ternyata duo cowo udah sampe duluan padahal mereka caw pake kereta dari bandung.

Wow..Ternyata office nya di kawasan komersial banget, ga heran kalo beli apa-apa mahal termasuk cari kosan. Disana nemu bule tu udah ga aneh, banyak bet deh beserakan dimana-mana. Awalnya kita salah masuk gedung karena ternyata gedung WTC itu ada 6 dan gedung kita ada di tengah agak belakang. Akhirnya kita sampe ABB Office dan ketemu receptionist. FYI, kalian gaboleh telat ya kalo dateng interview karena itu jadi salah satu penilaian. Jangan lupa kasih your best first impression buat mereka supaya mereka tertarik buat approve kita.

Kita ketemu sama HR buat interview, rasanya sih kayak ngobrol-ngobrol santai tapi jangan salah loh disitu penilaian dimulai, so be confident, easy going, attractive dan sebenernya HR mau tau seberapa serius kita pengen join dan seberapa jauh kita tau tentang perusahaan mereka makanya kalian kudu surfing dulu ya tentang profile company sebelom interview.

Kupikir cuma interview sama HR, ternyata ada interview User yang bakal jadi pembimbing kita selama KP. Interviewnya sendiri-sendiri guys, biar ga kelamaan grogi karena nunggu jadi pas ditawarin siapa yang mau duluan ya aku ngajuin diri deh. Diruangan rapat itu Cuma ada aku, User, sama HR yang bawa-bawa form interview. Awalnya lumayan nervous jg sih tapi ga akan lama ko kita bakal mulai bisa enjoy jawab semua pertanyaan. Pertanyaannya sih ya kurang lebih tentang apa yang udah kita pelajari selama kuliah, passion, harapan kita KP disana.

Beberapa hari dinanti, kita pikir bakal semua diterima KP disana ternyata Cuma 2 org yang diambil yaitu aku sama abah. Seneng sih, tapi sedih juga karena satu org ga lolos.hiks..hiks

Tobe continued......

1 comment:

  1. Detective Conan1 March 2016 at 18:38

    Alhamdulillah Ya! Setelah mengalami penolakan berulang kali, menunggu berbulan-bulan akhirnya diberikan yang TERBAIK...

    ReplyDelete