Saturday 13 February 2016

Kisah Kerja Praktek Teknik Otomasi Industri 2012 Part 2

My Internship Experience (Indonesian Version)
Part.2 

Hi.. this is the second part of my internship experience that was dedicated for my beloved junior on my College Industrial Automation Engineering

Halo adek2, dilanjut lagi ya ceritanya...
Setelah lolos interview, Alhamdulillah....
kegalauan aku berakhir (haha), sekarang saatnya survey supaya nanti bisa decide cara terbaik buat ngantor ala ala selama 2 bulan. Aku survey sekitar jam 8 dari rumah (sawangan depok) pake motor, sampe stasiun depok baru jam8.25. Abis itu naik kereta ke sudirman sekitar 45 menit dan naik kopaja 10menit. Agak2 kebingungan juga sih karena pertama kali, jadi disana udah kayak orang bule aja nanya2 ke org dan berbekal maps.

Buat ukuran di jkt, lumayan mudah juga sih akses ke kantor Cuma ya emang itu lah lumayan makan waktu, apalagi di jam kerja aaaa macetnya ga nahan jadi ga sanggup kalo harus full naik motor kesana. Akses puter balik lumayan jauh dan kalo nyebrang kudu pake jembatan penyebrangan, jadi orang2 disana udah terbiasa jalan kaki. Sambil istirahat, aku beli minuman dan duduk2 di stasiun soalnya gaboleh makan dan minum di kereta. Tiba-tiba HR ABB nelpon dan katanya Ada lowongan baru buat divisi yang sama tapi business unit lain, wah seneng banget dengernya jadi aku langsung hubungi andi buat apply lagi.

Di hari pertama KP, kita buat surat perjanjian diatas materai mengenai rules, job-desk, dan hak kita sebagai intern, diantaranya kita harus mempelajari salah satu produk ABB, melaksanakan tugas yang diberikan dengan baik, membuat laporan progress selama KP dan dipresentasikan setiap bulan, dapat mengunjungi beberapa factory abb di jabodetabek, dapat mengunjungi perusahaan yang menjadi customer ABB, dan yang terakhir dapet salary max idr50k/day. Lumayan menarik kan? ABB itu perusahaan gede yang keren loh sayangnya biaya hidup disana mahal banget, makanya kalo mau KP disini aku saranin yang rumahnya masi di jabodetabek atau cari kosan di kawasan yang deket stasiun dan biaya kosan masi murah (buat daerahnya dimana kamu liat rute krl aja telusuri daerah2 yg ada pemberhentian keretanya) jadi akses kesana masih mudah dan murah dg biaya kereta 2ribu doang.

Sebelom cerita apa aja yang dikerjain, aku kasi gambaran dulu ya ttg divisi dmn aku ditempatin. Jadi aku tu masuk divisi Process Automation Process Industry, dari namanya aja udah jelas kan kalo kita bakal handle project besar (count on billion or more) untuk melakukan otomasi di industri proses. Produk yang dipake buat merancang sistem otomasi yg dipake itu DCS ABB, dimana nanti engineer akan merancang program, HMI serta komunikasi antar sistem. Perancangan sistem biasanya kita lakuin di staging area ABB Factory di tangerang, setelah beres kita bakal bawa seperangkat HW and SW untuk dilakukan commissioning yakni applying sistem pada plant di site customer. So, seimbang kan karena nanti kita bakal kerja di office dan juga lapangan. Fyi disana juga kamu gabakal nemu temen KP kayak di perusahaan lain, karena ABB hanya terima dari univ tertentu dan terbatas hanya beberapa orang sesuai kebutuhan.

Karena Pembimbing utama kita (call him ms.H) sering keluar negeri, makanya kita di-hand-over ke 2 engineer cewek yang baik2 banget. Waktu itu satu engineer cewek(call her ms.F) lagi siapin materi dan hardware DCS yang bakal dipake training selama 2 minggu di Medan. Karena aku sama abah di divisi yang sama makanya kurang lebih kerjaan kita sama, diantaranya masang hardware DCS, pasang wiring, nguji PC-link, check, trial error, dan connecting Controller to PC. Setelah beres bantu ms.F, kita bantu engineer lain (call her mrs.Y) kerjain proyek upgrade automation system untuk perusahaan semen terkenal di Indonesia. Disana kita bantu ms.Y kerjain proyek upgrade meliputi deploying, migrating dari sistem lama ke yang baru, checking error, assign tagname, edit HMI, dll. Gaperlu khawatir salah ngerjain, asal denger instruksinya, jangan malu nanya kalo gatau, inget pepatah “malu bertanya sesat diajalan”. Proyek itu sebenernya udah ampir beres sih, sekitar seminggu kita kerjain sebelom akhirnya dibawa ke customer.

Tobe continued......

No comments:

Post a Comment