Saturday 13 February 2016

Kisah Kerja Praktek Teknik Otomasi Industri 2012 Part 4

My Internship Experience (Indonesian Version)
Part.4 

Eh, masih penasaran sama ceritanya?.. haha
Let's continue....

Pernah ada kejadian dimana suatu hari aku pulang dari tangerang sampe di cawang jam setengah7, aku diturunin di tol niatnya sih supaya gaperlu jauh2 lagi naik kend umum buat k stasiun. Eh ternyata mobilnya gabisa brenti cepet karena jalanan crowded banget, dan karena itu satu arah akhirnya aku harus jalan jauuuuuuh banget ke stasiun.hiks hiks malangnya. Untung kan masi sempet solat magrib di stasiun, karena udah ga sanggup rebutan naik kereta akhirnya duduk dulu. Sampe jam 8 ko kereta masi aja penuh ya Allah, melelahkan dan bikin aku tepar sampe rumah jam 10an. Dan harus kalian tau, selama 2 bulan aku Cuma dapet tempat duduk sekitar 6 kali selama perjalanan pergi ke kantor, sisanya harus berdiri berdesakan dalam kereta dengan para ibu2 yang mau kerja juga.

Meski kita bertiga KP di ABB, kita nyaris jarang ketemu karena kegiatan berbeda apalagi Abah sakit DBD dan Tifus, jadi aku bolak balik tangerang sendiri deh. Selain proyek pembuatan sistem otomasi untuk perusahaan oil&gas, aku juga assign project upgrade system dengan ms.F untuk perusahaan kelapa sawit dimana disitu aku bantu merancang ulang design HMI karena adanya penggantian sistem dengan DCS seri terbaru. Buat ngerancang HMI tu butuh keterampilan juga loh, dan lumayan juga ternyata kerja depan komputer bikin sakit punggung.haha karena betah buat ini itu ampe lupa waktu kadang pulang jam7 malem dari kantor.

Sesuai dengan code of conduct yang ditandatangani, kita juga boleh nuntut hak kita untuk visit customer. Akhirnya waktu itu aku minta untuk visit salah satu customer ABB yaitu industri semen di kawasan gunung putri yang mana aku terlibat dalam proyeknya. Seneng banget bisa visit kesana karena aku jadi bisa tau perbedaan di perusahaan vendor dengan industri proses. Kalo nilai secara pribadi sih aku lebih suka kerja di perusahaan vendor karena aku bisa kerja di office dan lapangan (secara jiwa ke-cewek-an aku tuh masih ada banget jadi kurang suka kerjaan yang fullday di lapangan). Selain itu aku bisa lebih tau asal-usul prinsip kerja serta sistem otomasi yang dirancang, sedangkan di industri proses kebanyakan kita hanya mengamati jalannya proses pada suatu plant yang sama setiap harinya. Aku juga suka dalam berkomunikasi dengan banyak orang baru, mengenal hal baru, dan menemukan hal berbeda makanya cocok kalo di perusahaan vendor karena kita bakal pergi ke banyak industri yang jadi customer kita, bisa nemuin permasalahan yang berbeda-beda, bisa keliling Indonesia bahkan keliling dunia (It was amazing!!).  

Ada satu lagi pengalaman menarik kita bertiga plus 1 temen kampus yg KP di perusahaan customer kita waktu dateng ke International Electrical Exhibition di JI-Expo. Aku sama abah janjian ke JI-Expo naik transjakarta, perjalanan masih aman karena kita pergi bukan di jam kerja. Tapi masalahnya kita ga pernah ke JI-Expo dan ternyata waktu itu gps bermasalah. Sesampenya di Halte A (entah apalah itu namanya) ternyata pas diliat di gmaps itu lumayan masih jauh, kita bingung mau gmn kesananya. Ada yang kasi saran kita bisa naik bajaj atau balik ke halte sebelumnya (entah berapa halte ternyata lumayan jauh). Kita pikir itu lebih deket ke JI-Expo ternyata malah makin jauh dan parahnya ternyata Transjakarta ke JI-Expo itu jarang ada.

Setelah nunggu sekitar lebih dari sejam akhirnya kita menyerah karena panass bgt dan akhirnya kita balik lagi ke halte C dari situlah kita keluar halted an naik angkot. Berharap udah sampe, ternyata angkot Cuma sampe gerbang E dan itu masih jauh banget kedalem,omaaaaaygat… aku lelah bang mana panas pula bikin emosi deh. Setelah jalan ratusan meter akhirnya sampe, yeaaay!!! Tapi ternyata perjuangan kita belum berakhir. Fuh.. kita dengan PD nya isi form untuk bisa masuk dengan id sebagai mahasiswa dan jeng..jeng.. kita ga diperbolehkan masuk dong L sedih banget kaaan.. kita cari ide buat bisa masuk, dan akhirnya kita pake id ABB intern baru bisa masuk. Ampuuun… dan karena awalnya ga niat kesana hari itu, kita salah kostum. Bayangin aja semuanya pake baju bak eksekutif muda sedangkan kita pake jaket kegedean dan tas kayak gemblok kayak mau ke gunung.omaay..

Setelah berhasil masuk akhirnya kita ketemu sama Andi & Culam, disana ada ratusan perusahaan yang jadi peserta exhibition. ABB juga salah satu penyelenggara dari Exhib itu karena ABB launching Robot barunya yakni YuMi. YuMi robot lengan portable dengan kepresisian yang sangat baik sehingga cocok digunakan untuk industri manufaktur elektronik. Semua mata tertuju pada stand ABB, and I was proud and amazed. Disana juga aku baru tau segimana baik eksistensi ABB di industri karena tiap masuk stand dengan id ABB pasti disambut baik dan dikasi souvenir bahkan ada CEOnya yang nyuruh pegawainya manggil dia kalo ada yg dtg dari ABB. Woooooowwww… Menarik bukan?

Sebenernya cerita pengalaman selama aku KP masih banyak, tapi pada intinya KP di ABB itu enak, sesuai dengan background otomasi kita, dapat banyak ilmu, dapet banyak pengalaman, banyak relasi, lingkungan kerjanya nyaman, orang2nya baik, bisa practice juga sama bule2nya. Tapi tapi gaya hidup di kawasan sudirmannya mahal dan kalo denger cerita aku harus berdesakan dan rebutan di kereta tiap hari dan perjalanan rumah ke tempat kerja 2 jam, rebutan naik kopaja, berdiri di bis lebih dari 2 jam dg angin dan polusi udara karena kereta anjlok, keliatannya capek juga ya.haha tapi ya itulah realita kehidupan keras jakarta.

So Buat kalian yang berminat KP di ABB Gausah bingung-bingung, kalian bisa langsung googling daerah sekitar kawasan yang dilewati kereta atau transjakarta soalnya kosan disekitar sudirman mahal2 bgt. Syukur2 ada sodara yang tinggal dideket sana jadi bisa bawa bento dari rumah. 
Goodluck for all of you guys J. Don’t worry to ask me if u need for help. 

The End..

No comments:

Post a Comment